Pages

Pesan Pendidikan Lewat 3 Idiots

3 Idiots adalah salah satu film yang mampu menghipnotis saya untuk memperhatikan sampai film tersebut selesai. Malahan jujur saya sampaikan, saya menonton film tersebut sampai tiga malam berturut - turut.

Ada beberapa pesan yang bisa kita petik dai film tersebut, semagat seorang Ranchodas Syamaldas Chanchad (selanjutnya dipanggil Rancho, diperankan oleh Aamir khan) untuk menuntut ilmu dengan gaya yang sangat unik yang mampu merubah hidup kedua sahabatnya (Farhan dan Raju).



Di film ini banyak mengkritik gaya mengajar cenderung berpusat pada buku bacaan tanpa memberikan contoh aplikasi pada kehidupan sehari - hari. Mungkin gaya mengajar seperti itu akan menjadikan seseorang seperti robot yang hanya bisa mendikte dari buku (atau mungkin bisa dikatakan menghafal). Disamping itu juga memperlihatkan penempatkan guru dalam posisi yang paling tinggi dan serba tahu, tidak dapat didebat dan tidak boleh dipertanyakan. seakan ada peraturan bahwa segala apa yang dikatakan guru itu selalu benar, murid hanya wajib mendengarkan, tidak boleh mengritik.

Dan film ini jga mempaerlihatkan seorang mahasiswa yang pintar tetapi hanya bisa menghafal dari buku, apa yang buku tulis itu yang diungkapkannya tanpa contoh da aplikasi di sekitarnya.
Ditambah orang tua yang cenderung memaksakan keinginan kepada anaknya, tanpa memperhatkan bakat dan minat dari anaknya. Saya teringat pada salah satu keluarga saya, dia mempunyai bakat di A tetapi dia dibimbing untuk menjadi B dan hasilnya dia menjadi C (sungguh sangat tidak nyambung).

Dan Rancho hadir dengan keunikannya mampu memporak-porandakan hal-hal diatas. Sehingga menjadikan dia seorang yang sangat dibenci oleh para dosennya apalagi olah rektornya Viru Sahastrabudhhe. Untunglah, Rancho mempunyai otak yang sugguh cemerlang mampu lulus dengan predikat luar biasa. Dan berhasil membuat sekolah yang di dalamnya murid-murid bebas berespresi tanpa tekanan dalam belajar.

Orang pintar tidak mesti lahir dari sebuah pendidikan yang ketat dan terkesan dipaksakan, tetapi lahir dari sebuah keinginan, semangat serta cita - cita. Kita dapat belajar dari semua hal "Semua tempat adalah Sekolah, semua orang adalah Guru"
Salam belajar.

1 comments:

HANYA BERBAGI said...

Menarik juga… patut ditonton noh film…

Post a Comment