Pages

UNM Tuan Rumah Rakor Kemitraan Pembangunan Pendidikan KTI

Rendahnya mutu pendidikan di wilayah KTI (Kawasan Timur Indonesia) mendorong semua pihak untuk ikut bertanggung jawab dalam rangka pembangunan pendidikan, sehingga UNM sebagai perguruan tinggi pendidik menjadi penyelenggara kegiatan Rakor (Rapat Koordinasi) Kemitraan Pembangunan Pendidikan KTI yang berlangsung di Hotel Santika Makassar 17-18 Desember 2010. Topik Rakor antara lain: Kebijakan dan Program Strategi Kemendiknas 2010-2014, Kemitraan LPTK, LPMP, Dinas Pendidikan, dan Lembaga Donor dalam Pembangunan Pendidikan di KTI, Peran Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Pendidikan KTI, Model-Model Intervensi dan Good Practice dalam Pembangunan Pendidikan.


Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah membangun kemitraan dalam pembangunan pendidikan di KTI, khususnya pada Pencapaian Lima Misi Pembangunan Pendidikan Nasional, yaitu ketersediaan Layanan Pendidikan, Keterjangkauan Layanan Pendidikan, Kualitas dan Relevansi Layanan Pendidikan, Kesetaraan dalam Memperoleh Layanan Pendidikan, dan Kepastian/ Keterjaminan Memperoleh Layanan Pendidikan.
 
 Pembukaan Rakor Jumat 17/12/2010 dihadiri oleh Guburnur Sul-Sel sekaligus yang membuka acara ini, Walikota Makassar, Sekjen Dikti MENDIKNAS , Kepala LPMP, USAID, Rektor UNM, Pembantu Rektor IV sebagai ketua panitia, dan segenap civitas akademika UNM. Dihadiri pula oleh stakeholder pembangunan pendidikan di wilayah KTI; Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota, Anggota DPR Komisi Pendidikan, Kepala Dinas Pendidikan, Lembaga Donor Intrenasional yang bergerak dalam bidang pendidikan, Pakar Pendidikan, Perusahaan, dll.
 
Gubernur Sul-Sel, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H., M.Si mengatakan bahwa kegiatan Rakor ini merupakan gagasan besar dari UNM yang sangat penting dan strategis dilaksanakan karena sangat menentukan kehidupan bangsa yang akan datang khususnya dalam hal memperbaiki pendidikan, apalagi Kawasan Timur merupakan masa depan Indonesia. Semua harus dimulai dari pendidikan melihat kompleksitas masalah yang kita hadapi saat ini. Agenda intelektual mesti ditata dengan baik.
 
Pada kesempatan yang sama Rektor UNM, Prof. Dr. Arismundar, M.Pd., mengatakan bahwa sehubungan dengan pembangunan pendidikan, beberapa program-program untuk peningkatan mutu pendidikan telah banyak dilaksanakan dan UNM juga sudah melakukan persiapan yang matang untuk membangun pendidikan. Sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini, Rektor UNM berharap bahwa Makassar, khususnya Sulawesi Selatan harus menjadi pusat lokomotif pertumbuhan pendidikan di Kawasan Tmur Indonesia.
 
Agenda lain pada pembukaan Rakor adalah penandatanganan MoU antara UNM dengan stakeholder pembangunan pendidikan di wilayah Kawasan Timur Indonesia; Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota dalam hal kemitraan dalam pembangunan pendidikan di Kawasan Timur Indonesia di masa yang akan datang.

Sumber : http://www.unm.ac.id/

0 comments:

Post a Comment