Pages

Apa Lagi Setelah Sertifikasi?

Selamat bagi guru-guru yang telah berpredikat sebagai guru profesional! Mereka adalah guru yang telah melalui proses sertifikasi dan layak menyandang status sebagai guru profesional.

Sekarang, setelah mengantongi sertifikat pendidik profesional, lalu apa lagi?

Sungguh, bahwa menyandang predikat sebagai guru yang telah sertifikasi tentu akan menjadi beban bagi mereka yang menyadarinya. Beban moral bahwa sebagai guru profesional mereka tentu harus selalu menunjukkan profesionalismenya.

Setelah mengantongi sertifikat guru profesional janganlah berarti bahwa kegiatan-kegiatan yang menunjang keberlangsungan profesionalisme itu berhenti. Tidak berminat lagi mengikuti seminar-seminar, pelatihan-pelatihan, dan semacamnya karena toh tidak perlu lagi mengumpulkan kredit untuk portofolio.



Betapa menyedihkannya sikap apatis semacam itu. Sebab program sertifikasi guru itu dielenggarakan oleh pemerintah demi meningkatkan kualitas guru sebagai tulang punggung pendidikan. Dan kualitas sesorang itu adalah sesuatu yang selalu berubah. Bergantung pada seberapa sering orang itu mengasah dan meningkatkan kualitasnya. Kualitas adalah sebuah proses, bukan hasil akhir. Hari ini mungkin berkualitas, tapi dengan perkembangan jaman yang begitu pesat, kualitas kita bisa dalam sekian waktu menjadi tertinggal sehingga tidak berkualitas lagi. Inilah beban moral yang disandang oleh para pendidik yang telah bersertifikat pendidik profesional itu. Bahwa mereka harus benar-benar selalu menjaga dan meningkatkan kualitasnya dan profesionalisme mereka.

Jadi setelah bersertifikat, tetaplah mengembangkan profesionalme dengan tetap berusaha mengikuti sejumlah kegiatan-kegiatan ilmiah sebagai bentuk tanggung jawab profesionalisme. Baik dalam bentuk mengikuti pelatihan-pelatihan, seminar-seminar, dan sebagainya yang dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme sebagai seorang pendidik.

Ataukah memang maksud kita ikut sertifikasi itu adalah sekedar untuk bisa mencicipi tunjangan guru profesional?

Jika memang jawabannya sepragmatis itu, tetap saja Anda harus selalu mengumpul kredit, sebab pasti ada mekanisme dari pemerintah bagaimana cara untuk tetap memantau predikat profesionalisme yang telah Anda capai!

Tak ada makan siang yang gratis!

Setelah Anda tersertifikasi, suatu saat sertifikat Anda harus dikaji ulang. Masih layak atau sudah tidak layak lagi Anda mengantongi sertifikat sertifikasi! Dan itu berarti Anda butuh mengumpul kredit lagi. Anda baru memulainya lagi di situ?

Oleh : Andi Momang Yusuf (Dosen Fisika UNM)

1 comments:

/ridham said...

Semoga guru yang sudah lolos sertifikasi mampu membuktikan bahwa mereka pantas menyandang gelar tersebut

Post a Comment