Pages

Ada Apa Dengan UN ?

Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu alat evaluasi yang dikeluarkan pemerintah sebagai alat pengendali mutu pendidikan secara nasional yang bisa menjadi bahan pertimbangan untul melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan standar nilai tertentu diharapkan mampu memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia.

Standar nilai rata-rata UN untuk tahun 2011 yaitu 5,5 untuk mata pelajaran yang di UN-kan. Apakah standar rata-rata tersebut bisa dikatakan menjamin mutu pendidikan kita?
Bukankan nilai 5,5 adalah nilai di bawah standar kalau di ujian semester biasa (standar nilai 10)?
Kalau dilihat sepintas tentunya untuk mendapatkan standar nilai tersebut sangat mudah. Bukankah demikian?



Akan tetapi standar nilai tersebut menjadi momok yang sangat menakutkan bagi siswa tidak terkecuali guru dan orang tua siswa tersebut. Segalah macam usaha yang dilakukan untuk mempersiapkan diri untuk menhadapi Ujian tersebut, mulai dari ikut bimbingan belajar, menambah jam pelajaran, bahkan melakukan doa bersama. Semoga doanya dapat terkabul.

Barbagai upayah curang pun tidak luput dilakukan demi tercapainya standar rata-rata 5,5 dapat tercapai. Soal yang dijamin tidak akan bocor menjadi janji pemerintah, tetapi apakah bisa terjaga?
Jawabannya bisa kita saksikan di media massa(cetak dan elektronik), mulai dari oknum kepala sekolah yang ditemukan berlaku curang dengan membocorkan naskah ujian. Bukankah naska tersebut dijaga dengan ketat?.
Di dalam ruangan ujian pun masih terjadi tukar-menukar jawaban, baik melalui kertas maupun dengan ponsel walaupun di dalam ruangan tersebut terdapat pengawas. Pengawas pun terkesan acuh terhadap kejadian tersebut.

Belum lagi oknum guru yang ditemukan memberi jawaban kepada siswanya yang sedang ujian memlalui pesan singkat SMS.

Inikah yang diharapkan dari ujian nasional? Atau kejadian ini memperlihatkan mutu pendidikan yang memang bobrok? Atau memang soal yang diujikan dalam UN tidak pernah diajarkan dalam kelas?

Semoga kejadian tersebut tidak terjadi di seluruh Nusantara Indonesia.
Indonesia dengan mutu pendidikan yang baik akan mengangkat derajat bangsa ini. Amien.

Dari berbagai sumber.

0 comments:

Post a Comment